Liburan Ke Yogyakarta (Hari Ketiga)

Secara teknis, ini adalah hari terakhir liburan di Yogyakarta. Resminya malah besok, 28 Februari 2019, akan meninggalkan kota ini untuk kembali ke Ibu Kota, kembali ke aktivitas semula. Will miss this city so much.

***

At some point, saya suka dengan kota ini. Engga pernah terpikirkan sebelumnya, dimana saya akan tinggal untuk jangka waktu yang lama. Namun, setelah tahun lalu mengunjungi Yogyakarta cukup lama (kurang lebih satu minggu), saya mulai kepikiran mungkin kota ini cocok untuk saya. Kotanya ramai, tidak macet, orang-orangnya ramah, makanannya enak, serba murah, dan lain-lain. Hanya satu hal yang perlu disesuaikan: apakah pekerjaan saya sekarang ini bisa terus dilakukan apabila saya menjadi digital nomad? Biarkan pertanyaan itu untuk tidak dijawab dalam waktu yang cukup lama. Saya sendiri tidak tahu jawabannya.

• Kebun Binatang Gembira Loka

Hari ketiga di kota ini saya memutuskan untuk mengunjungi kebun binatang. Lagi-lagi pilihan yang random. Sebetulnya, kemarin saya gak sengaja lihat nama Kebun Binatang Gembira Loka ketika menunggu gojek tiba. Lalu kepikiran deh kesana. Hari ini saya keluar hotel lebih siang karena sehabis sarapan, saya malah ketiduran.

Dari hotel menuju kebun binatang, saya pakai gojek. Perjalanannya lumayan sekitar 7-8 km. Sampai disana saya beli tiket donk tentunya, lalu memulai perjalanan menikmati kekayaan alam yang tergambar di kebun binatang ini.

Kebun binatang ini luasnya sekitar 20 ha, saya lumayan juga jalan muter-muterin. Semoga berat badan langsung merosot ya. Menuju wisuda dalam kondisi singset, haha. Padahal, ada fasilitas Kereta Keliling (atau Taring) yang bisa digunakan untuk berkeliling. Meskipun pada akhirnya saya naik juga Taring ini, tetapi saya mencoba menikmati segarnya udara disini dengan berjalan kaki. Tentunya sambil foto-foto donk!

Bagi aktivis lingkungan seperti saya yang terlalu malas pergi ke alam liar sendirian (karena enaknya bareng-bareng, plus citra diri saya kayaknya sudah terbentuk sebagai anak kota banget deh, haha), pilihan berkunjung ke kebun binatang adalah pilihan tepat. Disini saya bisa merekatkan kembali hubungan dengan sesama makhluk hidup, hewan dan tanaman. Sekaligus menghindari sejenak hingar bingar suasana kota.

Tiket masuk (dewasa) Rp30.000
Tiket Kereta Keliling (Taring) Rp8.000

Alamat:
Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171

• Meglio Pizza & Pasta

Sudah waktunya makan siang dan saya memutuskan untuk mengunjungi restorannya Duta Sheila On 7. Berharap ada sang empunya ada di lokasi, saya malah pelanggan satu-satunya di siang hari tadi.

Saya memutuskan makan pasta dan smoothie karena masih merasa agak kenyang. Namun, sayangnya, saya tidak menyangka ini akan kejadian kalau dine-in, ternyata kemasan makanan dan minuman bersifat sekali pakai! Alhasil makan siang kali ini nyampah deh. Entah mengapa, makanan yang dikemas oleh kemasan sekali pakai membuat rasanya berubah. Mas Duta, please, kalau makan di tempat sediakan piring dan gelas beneran aja biar mendukung keberlanjutan lingkungan hidup. Bisa loh jadi Duta-nya Diet Kantong Plastik, hehe.

Spaghetti Pesto Rp38.000
Banana Smoothie Rp27.000

Alamat:
Jl. Garuda No.177B, Manukan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283

• Mirota Batik (Hamzah Batik)

Waktunya beli oleh-oleh! Sebetulnya, sebisa mungkin gue engga beli apa-apa, tapi kalau buat keluarga boleh lah. Toh engga banyak-banyak juga, secukupnya saja. Ketika cari di mesin pencari Google mengenai tempat beli oleh-oleh, muncul dua nama yang paling banyak keluar, Pasar Beringharjo dan Mirota Batik. Berhubung saya males berdesak-desakan di pasar, saya memilih Mirota Batik saja, hehe.

Mirota Batik tuh mungkin layaknya Krisna di Bali, lengkap dan mau cari apa saja ada. Mulai dari baju, kain, makanan, pernak pernik, tas, sendal, obat-obatan, dan masih banyak yang lainnya. Kali ini saya hanya beli baju batik saja dan dompet kulit (gatau kulit asli, gatau buatan), dan dupa (untuk ngusir nyamuk di kostan dan pewangi ruangan alami).

Alamat:
Jl. Margo Mulyo No.9, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

• Lesehan Pojok (Malioboro)

Makan malam kali ini saya mau kaki lima saja, mumpung di Malioboro. Mulai dari ujung jalan dekat Hotel Inna Garuda hingga Malioboro Mall, berjejer berbagai macam lesehan. Saya random aja milih salah satu, yaitu Lesehan Pojok. Makanan yang saya pesan pun standar saja, yaitu nasi, ayam goreng, tahu, dan lalapan. Makan malam kali ini super bikin kenyang, padahal porsinya biasa saja. Gak tahu deh mengapa nafsu makan hari ini gak seheboh kemarin.

Nasi putih Rp5.000
Lalap dan sambal Rp5.000
Ayam kampung goreng Rp23.000
Tahu Rp15.000 (saya pikir cuma satu buah, ternyata lima! pantesan kenyang banget, haha)

Alamat:
Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271 (kurang lebih seberang antara Circle K dan Bakpia 145)

Sebetulnya menikmati sore hingga malam hari lebih asyik jika bersama keluarga atau teman-teman. Kalau sendirian tuh rasanya gimana gitu, haha. But anyway, I really enjoy this vacation and I will be back soon!