Mandi Ternyata Dapat Menyelamatkan Laut dari Sampah Plastik!

Mandi Ternyata Dapat Menyelamatkan Laut dari Sampah Plastik!

Kaum urban sepertinya sudah tidak aneh lagi dengan aktivitas mandi menggunakan eksfoliator (atau scrub). Baik di supermarket, ataupun toko perawatan tubuh dan kosmetik lainnya, sudah menyediakan berbagai macam pilihan eksfoliator untuk kulit tubuh dan wajah. Namun, tahukah kamu bahwa eksfoliator mengandung mikroplastik yang disebut microbeads dan merupakan bentuk lain dari plastik serta berbahaya bagi lingkungan? Mari kita telusuri fakta-fakta berikut:

  1. Microbeads terdapat dalam eksfoliator tubuh dan wajah, pasta gigi, dan sabun. Digunakan oleh kita sehari-hari dan terbuang bersama air.
  2. Ukurannya dapat mencapai hingga 1 mikrometer. Dengan ukuran yang kecil ini, microbeads mudah mengalir langsung ke saluran pembuangan dan ke badan air, menyumbang polusi plastik dan mencemari laut.
  3. Hewan-hewan perairan, baik di sungai dan laut, menganggap microbeads adalah makanan mereka, mengingat jumlah mikroplastik di laut 10 kali lebih banyak daripada plankton, yang justru merupakan makanan mereka.
  4. Studi menunjukkan bahwa mikroplastik dapat menyerap dan melepaskan bahan kimia yang sangat beracun. Mikroplastik dapat dengan mudah dimakan oleh organisme air dan mengganggu rantai makanan laut dan berisiko bagi kesehatan manusia dan lingkungan.
  5. Microbeads ini tidak dapat dikumpulkan untuk kemudian didaur ulang. Layaknya plastik, microbeads membutuhkan waktu ratusan tahun untuk benar-benar terurai.

Seram ya? Namun, kita bisa melakukan banyak hal lho untuk mengurangi dampak dari permasalahan yang sudah terjadi. Tentunya ini menjadi tanggung jawab manusia sebagai penghuni di planet bumi ini yang diberikan akal dan pikiran oleh Maha Pencipta dalam menjaga keutuhan dan kelestarian planet bumi ini. Lalu, apa yang bisa dilakukan? Sederhana sekali, perhatikan produk eksfoliator yang kamu gunakan.

Untuk menjawab permasalahan ini, beberapa merek sudah mengenalkan produk eksfoliator yang aman bagi lingkungan. Mereka mengganti microbeads dengan bahan-bahan alami, seperti biji-bijian, gula, garam laut, cacao, dan lain sebagainya. Cukup perhatikan bagian informasi komposisi dari produk eksfoliator. Pastikan produk yang akan kamu beli terbebas dari Polyethylene (PE), Polypropylene (PP), Polyethylene terephthalate (PET), Polymethyl methacrylate (PMMA), dan Nylon (PA). Untuk membantumu dalam mengenali produk eksfoliator ini, cukup unduh aplikasi Beat The Microbead di ponsel pintarmu. Mudah kan? Selamat beralih pada produk yang alami.
Tulisan ini dipersembahkan untuk Sustainable Suzy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *