Belajar Hal Baru Melalui Komunitas Zero Waste YPBB

Belajar Hal Baru Melalui Komunitas Zero Waste YPBB

Sudah lima tahun bergabung menjadi relawan YPBB di isu zero waste lifestyle. Banyak hal yang saya pelajari dan berdampak pada kehidupan yang saya jalankan saat ini. Saat itu, YPBB membentuk Komunitas Zero Waste YPBB sebagai support group bagi ‘alumni’ pelatihan zero waste. Saya cukup aktif menjadi relawan YPBB pasca mengikuti pelatihan, selain karena punya ketertarikan di isu persampahan, saat itu juga baru terjun ke isu persampahan dan beraktivitas di organisasi luar kampus.

Berhubung YPBB memiliki program untuk menjadi trainer, dan saya punya ketertarikan dalam hal public speaking, jadilah saya lebih fokus untuk mengikuti program ini. Alhamdulillah, apa yang saya dapatkan dari mengikuti program trainer dan support group Komunitas Zero Waste YPBB (masih ada engga ya sekarang support group ini?) bermanfaat sekali sampai saat ini, baik dari segi isu maupun keorganisasian.

Salah satu kegiatan menjadi trainer zero waste, memberi pelatihan kepada publik.

Salah satu kegiatan menjadi trainer zero waste, memberi pelatihan kepada publik.

Untuk berinvestasi pada pemberi pesan-pesan zero waste, YPBB membentuk Komunitas Zero Waste dan program trainer ini dengan baik. Sistem yang dipersiapkan sangat lengkap dari A ke Z. Mulai dari pelatihan dasar, pelatihan khusus trainer, magang trainer (yang intinya nyeburin langsung trainer ke lapangan), proses evaluasi, pertemuan rutin trainer dan pertemuan relawan reguler, dan lain sebagainya. Alhamdulillah, saya bisa mengikuti itu semua. Banyak hal yang dibahas, mulai dari membahas isu-isu persampahan terkini hingga yang berhubungan dengan profesi trainer. Kesiapan sistem inilah yang saya coba terapkan di organisasi saya sekarang.

Pentingnya berkomunitas seperti ini adalah untuk menjaga semangat kita akan sesuatu. Dalam hal ini adalah bagaimana menjaga perilaku konsumsi sehingga bisa lebih zero waste. YPBB cukup militan terhadap hal seperti ini. Kami, para relawan, selalu diajak untuk berpartisipasi dalam perilaku zero waste setiap beraktivitas. Mau tidak mau, hal ini lama-lama menjadi kebiasaan juga. Selain karena malu (masa relawan YPBB masih suka nyampah), karena semakin paham mengapa kita harus mengendalikan konsumsi.

Dua tahun terakhir, saya jarang aktif di kegiatan YPBB karena sudah mulai disibukkan dengan kampanye sendiri. Namun, karena pada tiga tahun pertama cukup banyak mengambil banyak t lewat berbagai aktivitas yang selalu saya ikuti, DNA YPBB masih sangat terasa dalam tiap aktivitas yang saya lakukan sehari-hari. Sekarang, generasi trainer baru sudah lahir dan yang saya dengar, jumlahnya banyak banget dibandung zaman saya dulu. Alhamdulillah! Semakin banyak orang yang peduli lingkungan. Semoga support group YPBB ini masih terus berlanjut dan semakin kuat. Mungkin perlu juga menyatukan relawan-relawan “uzur” dengan relawan masa kini.

Dalam rangka menyambut trainer baru, saya sampaikan testimoni berikut ini. Semangat selalu, ya!

4 responses to “Belajar Hal Baru Melalui Komunitas Zero Waste YPBB”

  1. Indri Guli says:

    Udah mendarah daging banget yes? :p

  2. ajeng says:

    rahyaaang, aku bangga padamu <3
    tetep galak, tetep nyinyir, tetep judes sama yang masih suka boros plastik ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *